Ambeien Pada Wanita Hamil, cara mencegah Ambeien, apa itu Ambeien, mengobati Ambeien
Ambeien Pada Wanita Hamil

Ambeien Pada Wanita Hamil – Ambeien atau wasir merupakan gejala pelebaran pembuluh darah balik yang keberadaannya di daerah anus. Meskipun ambeien dapat sembuh dengan sendirinya dengan rentang waktu sekitar satu atau dua minggu. Namun jika ambeien dibiarkan saja dapat menimbulkan bengkak dan iritasi. Dengan begitu rasa tidak nyaman akan sangat mengganggu dalam aktivitas pekerjaan anda sehari-hari.

Artikel Menarik kami sebelumnya: Manfaat Kacang untuk Ibu Hamil serta Sayuran lainnya

Perlu anda mengerti bahwa ambeien bukan hanya diderita pada pekerja kantoran saja yang mana seringkali duduk selama berjam-jam dalam ruangan. Akan tetapi, ibu hamil juga kerap mengalami ambeien dimana hal tersebut memang terbilang wajar. Biasanya gejala ambeien akan ditandai dengan sembelit atau susah buang air besar. Untuk itu, anda harus tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi ambeien.

Cara Mengatasi Ambeien Pada Wanita Hamil, Ambeien Pada Wanita Hamil, cara mencegah Ambeien, apa itu Ambeien, mengobati Ambeien
Ambeien Pada Wanita Hamil

Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Pada Wanita Hamil

Faktor Penyebabnya :

1.Sembelit

Apabila anda mengalami kejadian berupa asupan zat besi yang cukup tinggi selama masa kehamilan, maka zat besi yang penting untuk calon janin ibu dapt terhindar dari risiko , anemia. Akan tetapi, sebagian ibu hamil mengakibatkan susah buang air besar hingga akhirnya terjadi wasir.  Dengan memperbanyak makanan serat dan air putih agar pencernaan hingga saluran pembuangan berjalan dengan lancar.

  1. Ukuran Janin yang Kian Besar

Dimana suatu usia kehamilan, janin dan rahim pasti akan ikut membesar yang menimbulkan yang mana akan menjadikan tekanan pada rongga perut dan panggul. Beban janin dan dirinya sendiri lambung dan rahim saling berhimpitan, sehingga dorongan sedikit saja pada bagian anus akan menimbulkan pembuluh darah di sekitarnya pecah kemudian menjadi wasir. Dengan menyembuhkan ambeien pada saat kehamilan mungkin sedikit sulit ketimbang ambeien setelah melahirkan.

  1. Perubahan Hormon

Pada saat kehamilan berlangsung, kadar hormon progesteron pada Ibu hamil akan mengalami peningkatan. Meskipun demikian, hormon tersebut berguna untuk memperkuat atau menahan janin di dalam rahim, hormon nantinya akan mampu menghambat gerak peristaltik pada otot pencernaan yang mana mempunyai fungsi  sebagai pelancar dalam sebuah perjalanan makanan dari saluran pencernaan menuju  ke saluran pembuangan.

Cara Mengatasinya :

1.Duduk Berendam di air Hangat

Untuk cara yang satu ini terbilang efektif dengan menyembuhkan ambient lantaran air panas yang mempunyai manfaat dalam mencairkan pengumpalan darah yang beku. Setidaknya diterpkan secara rutin seusai buang air besar. Dengan menyediakan baskom atau ember kecil lantas anda duduki selama 10-15 menit. Selanjutnya anda tuangkan air panas dengan suhu 40 derajat Celcius.

  1. Membiasakan Diri Menahan BAB

Setidaknya anda buang kebiasaan buruk yang berupa menahan buang air besar (BAB). Dimana akan menimbulkan feses yang mengeras dan membuat proses mengejan menjadi lebih lama. Apabila anda mengalami kesulitan dalam buang air besar (BAB), maka ada baiknya untuk mengonsumsi segelas air hangat saat pagi hari sebelum akan membuah hajatnya. Pasanya buang air besar (BAB) yang tidak lancar juga ditimbulkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh.

  1. Melakukan Olahraga Rutin

Sebaiknya anda melakukan olahraga secara rutin dalam keseharian-nya. Misalnya anda bisa berenang atau sekadar berjalan kaki selama 30 menit, dimana olahraga yang sangat direkomendasi-kan untuk Ibu hamil. Dengan demikian, Ibu hamil akan membantu otot-otot di saluran pencernaan dalam melakukan dorongan untuk aktif  dalam mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan.

  1. Mencoba Bahan Alami

Dengan mencoba menyembuhkan ambeien dengan bahan alami berupa lidah buaya. Sudah tidak diragukan lagi memang tanaman Aloe Vera ini dapat bermanfaat dalam menyembuhkan wasir tersebut. Hal ini dikarenakan lidah buaya yang memiliki sifat anti-radang dan memberikan sensasi dingin, dengan begitu akan mengurangi rasa panas pada bagian dubur. Anda cukup memotongnya dan oleskan lendir di daerah anus.

Nah, itulah ambeien yang dapat terjadi pada wanita hamil tentang faktor penyebab dan cara mengatasinya. Apabila kondisi ambeien semakin parah hingga menimbulkan perdarahan, segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan resep obat yang aman untuk janin kandungan anda. Semoga artikel dari SenyumBunda.com bisa menambah wawasan anda.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.