Cara Menghindari Bayi Sungsang, Cara mengatasi Bayi Sungsang usia 7 bulan, Cara mengatasi Bayi Sungsang saat hamil 8 bulan, cara mengatasi bayi sungsang usia 9 bulan, senam hamil untuk bayi sungsang

Cara Menghindari Bayi Sungsang – Salah satu hal yang sering membuat was-was para ibu hamil adalah kemungkinan bayi yang dikandungnya nanti lahir dalam posisi sungsang. Sungsang disini berarti posisi kepala bayi tidak berada diujung mulut rahim, sehingga ketika lahir nanti, bayi akan kesulitan menemukan jalan keluar dari perut ibunya. Dan cara satu-satunya untuk membantu bayi agar bisa keluar adalah dengan jalan operasi sesar. Akan tetapi walaupun dengan jalan operasi bayi bisa lahir dengan selamat, tentunya seorang ibu hamil akan menginginkan menjalani proses persalinannya dengan normal.

Maka dari itu, banyak ibu hamil yang takut dan was-was jika bayi yang lahir dikandungannya ternyata posisinya sungsang. Akan tetapi hal ini pun bisa dihindari dengan berbagai cara, agar nantinya persalinan pun akan berjalan normal dan lancar tanpa bayi dalam kondisi sungsang. Salah satu penyebab bayi bisa dalam posisi sungsang adalah volume air ketuban didalam kandungan terlalu banyak atau sedikit. Dan berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghindari bayi lahir dalam posisi sungsang yang bisa anda lakukan.

Cara menghindari bayi sungsang

  1. Mengikuti senam hamil

Senam hamil sangat penting, selain bisa menjaga kesehatan ibu dan calon bayi, senam hamil juga efektif memberikan ruang pada bayi untuk bergerak, hal ini dikarenakan otot di dalam perut akan memiliki posisi yang rileks, sehingga nantinya bayi bebas untuk bergerak. Anda bisa mencoba senam hamil berupa senam kolam untuk mencegah bayi terlahir dalam posisi sungsang.

  1. Melakukan pemijatan lembut

Hal ini berfungsi agar nantinya bayi yang sudah terlanjur dalam keadaan posisi sungsang akan kembali ke posisi normal. Anda bisa melakukan pijatan di sekitar perut dengan arah searah jarum jam. Anda bisa melakukan pijatan tangan disekitar perut dengan menggunakan pijatan dua tangan.

  1. Sering melakukan posisi sujud

Jika anda sering melakukan posisi sujud, maka ini akan mencegah bayi anda terlahir dalam keadaan sungsang. Atau jika anda umat muslim, tentunya dengan sholat 5 waktu bisa menjadi salah satu terapi mencegah bayi anda dalam posisi sungsang. Selain itu, jika anda non muslim, maka anda bisa membuat jadwal posisi sujud harian rutin 2 kali dalam 1 hari di setiap pagi dan sore hari. Keberhasilan menggunakan metode ini bisa sampai hingga 92 persen.

  1. Menggunakan senter

Anda bisa memancing perhatian bayi dalam kandungan dengan menggunakan senter. Caranya adalah dengan mengarahkan cahaya senter kepada kepala bayi, maka cahay yang dihasilkan dalam senter ini, akan menarik perhatian bayi untuk bergerak cepat mengikuti arah cahaya, menuju jalan lahir.

  1. Meminum minuman yang manis

Minuman manis yang mengandung glukosa sangat baik untuk ibu hamil dalam porsi yang cukup dan seimbang. Glokosa disini akan memberikan energy yang cukup untuk bayi anda. sehingga nantinya bayi akan bebas bergerak. Hal ini pun akan menimbulkan kemungkinan bayi akan bergerak aktif ke posisi kepala di jalan lahir.

Itulah beberapa cara menghindari Bayi Sungsang. Jadi tidak perlu khawatir, karena dengan langkah yang sederhana, bayi anda akan terhindar dari posisi sungsang, sehingga nantinya lancar dalam proses persalinan.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.