Makanan Penting Ibu Hamil – Selama masa kehamilan, beberapa gizi memiliki peran sangat penting dalam pertumbuhan janin. Ibu hamil harus selalu memperhatikan jadwal dan jenis makanan yang diasupnya karena pertumbuhan dan perkembangan janin sangat bergantung pada nutrisi makanan si ibu. Makanan Penting Ibu Hamil.

Upaya untuk menambah gizi bagi ibu hamil tidak sekedarmenambah jumlah makanan tetapi juga harus mempertimbangkan kandungan gizi dan nutrisinya. Selain itu, juga perlu menghindari zat- zat yang bersifat negatif bagi tubuh seperti kafein, alkohol dan asap rokok.

Berikut gizi dan nutrisi Makanan Penting Ibu Hamil.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber kalori yang diperlukan sebagai sumber energi ibu hamil dan sumber bahan baku janin untuk tumbuh. Selama triemester kedua dan ketiga, ibu hamil membutukan 300 kalori per hari. Kalori dapat diperoleh dari nasi, sereal, umbi-umbian, roti, mie dan pasta

  1. Protein

Protein sangat berguna untuk membangun, memperbaiki dan mengganti jaringan tubuh. Ibu hamil memerlukan tambahan protein agar pertumbuhan janin optimal seperti membangun sel-sel tubuh janin, membentuk organ tubuh, membentuk hormon ibu dan janin dan menambah berat badan janin. Sumber protein diperoleh dari susu, keju, yoghurt, telur, ayam, ikan, daging, tahu dan tempe

  1. Serat

Ketika ibu hamil akan sering mengalami hal ini. Kekurangan serat dapat mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar. Untuk mencegah dan mengatasi selama kehamilan, banyak – banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Sumber serat dapat diperoleh dari sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan.

  1. Asam Folat

Asam folat hendaknya dikonsumsi semenjak masa pembuahan hingga masa kehamilan karena dapat mencegah resiko cacat lahir pada otak dan tulang belakang. Asam folat dapat diperoleh dari bayam, alpukat, asparagus, pisang, brokoli, dan oatmeal.

  1. Kalsium

Janin membutuhkan kalsium dari darah ibu, untuk pertumbuhan otot, janting, saraf, darah, dan sistem enzim janin dan mencegah pre-eklamasi. Apabila asupan jumlah kalsium kurang maka janin akan mengambil dari tulang. Jika ini terjadi, maka ibu bisa mengalami pelunakan tulang. Kalsium dapat diperoleh dari susu, brokoli, keju, tahu dan kacang-kacangan.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.