Jus untuk Ibu Hamil – Ibu hamil memerlukan konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Jus untuk Ibu Hamil menjadi alternatif penting. Makan dan minuman sehat dapat  diperoleh dari bahan pilihan yang mengandung nutrisi yang baik, sehingga berguna untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu selama hamil.

Selama kehamilan,ibu hamil sering mengeluh tentang kondisinya yang tidak mau mengkonsumsi makanan dan minuman. Kondisi pusing, mual, muntah, morning sickness ataupun bau terhadap makanan tertentu, membuat ibu tidak mau mengkonsumsi makanan. Untuk tetap menjaga asupan makanan dan minuman sehat selama kehamilan, ibu dapat mengkonsumsi jus dari bahan- bahan yang bermanfaat untuk ibu hamil. Jus untuk Ibu Hamil menjadi solusi bagi Bunda yang mual atau tidak selera makan. Jus olahan sendiri bisa disesuaikan dengan selera, dan berasal dari bahan pilihan, tentunya lebih bersih dan steril. Berikut jus sehat untuk ibu hamil yang dapat menjadi pilihan:

  • APEL: Campurkan sedikit seledri pada jus apel untuk mengatasi gangguan tidur selama hamil. Jus apel dapat juga dicampur dengan bayam karenakombinasi pektin dalam apel dan asam oksalik dalam bayam ampuh “melepaskan” kotoran di usus besar yang telah mengendap berhari-hari. Zat pektin dalam apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.
  • WORTEL: dapat berfungsi untuk mendapatkan energi instant jika ibu hamil letih lesu. Wortel juga dapat mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil yang mengalami gangguan diabetes, dan mencegah darah tinggi dan pre-eklampsia.
  • ALPUKAT: Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalam alpukatdapat menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil. Alpukat juga dapat mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.
  • BELEWAH: Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan di jaringan usus. Gula alami dan enzim yang terkandung di dalam belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan di usus.
  • JERUK: Mengandung vitamin C yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Jeruk berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh yang diakibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.
  • PEPAYA DAN MANGGA: Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.
  • PEAR: Membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.
  • DELIMA: Membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Delima juga mengurangi resiko luka otak pada janin (Hypoxic ischemik) yang terjadi pada 2: 1000 kelahiran.
  • TOMAT: Membantu pembentukan glycogen dalam liver sehingga baik untuk menjaga stamina tubuh. Garam mineral dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik.
  • SEMANGKA: Membantu memperbaiki kandungan darah. Bagi ibu hamil penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.
  • KELENGKENG: Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. Sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan dan mencegah anemia.  Konsumsi secukupnya, kalau kelebihan, akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.
  • BELIMBING: Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu melancarkan keluarnya urin.
  • LECI: Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.
  • TIMUN: Mengatasi sakit punggung, kram otot dan gangguan kulit selama kehamilan. Jus timun kaya dengan silicat berfungsi untuk meningkatkan kekuatan jaringan otot, tendon, ligamen, peningkatan corak kulit, rambut, kuku, dan tulang rawan.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.