manfaat kacang untuk ibu hamil, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, manfaat kacang merah untuk ibu hamil, manfaat kacang almond untuk ibu hamil, manfaat kacang tanah untuk ibu hamil

Manfaat Kacang untuk Ibu Hamil serta Sayuran lainnya – Salah satu prioritas utama bagi ibu hamil dalam menjaga kesehatan dirinya serta kandungannya adalah dengan memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Hal ini memang sangat penting karena bayi yang ada di dalam janin memang dalam proses perkembangan, dan tentunya dengan nutrisi yang baik, perkembangan janin akan baik dan sehat. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi untuk ibu hamil adalah asam folat.

Asam folat ini sendiri banyak terdapat di bahan makanan kacang-kacangan dan juga sayuran. Maka dari itu, untuk ibu hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran secara cukup. Selain itu, didalam kacang-kacangan dan juga sayuran terkandung serat yang cukup untuk tubuh, sehingga bisa membantu mencegah terjadinya sembelit yang sering terjadi ketika sedang mengandung. Dan berikut ini merupakan manfaat kacang untuk ibu hamil dan sayuran yang perlu untuk anda ketahui.

Selengkapnya Manfaat Kacang untuk Ibu Hamil serta berbagai Sayuran 

  1. Pemicu perkembangan sistem syaraf pada janin

Didalam kacang-kacangan, terutama kacang hijau, terkandung asam folat. Asam folat ini sendiri berfungsi mencegah bayi lahir cacat. Asam folat sangat diperlukan bagi ibu hamil pada kehamilan trisemester pertama, karena pada fase ini janin memang sedang dalam proses awal perkembangan dimana asupan nutrisi yang bagus sangat diperlukan bagi ibu dan juga calon janinnya.

  1. Mengontrol tekanan darah

Sayuran hijau dan juga kacang-kacangan memiliki kandungan lemak yang rendah, hal ini bermanfaat sebagai pengontrol tekanan darah. Karena lemak yang ada didalam kacang-kacangan ini sendiri sangat aman untuk tekanan darah anda. karena jika ibu hamil memiliki tekanan darah yang tinggi, maka hal ini akan berakibat buruk bagi ibu dan juga janin yang sedang dikandungnya.

  1. Melancarkan pencernaan

Di dalam sayuran dan juga kacang-kacangan terdapat banyak sekali serat dan juga vitamin B1 dan B2. Zat inilah yang sangat berfungsi sebagai pelancar pencernaan. Karena keadaan seorang ibu yang sedang hamil, memang akan rentan sekali dengan resiko sembelit. Sealin itu kandungan vitamin B1 dan B2 ini juga berfungsi sebagai pemicu perubahan zat karbohidrat menjadi tenaga.

  1. Mencegah anemia

Selain itu, jika seorang ibu hamil rajin mengkonsumsi sayuran dan kacang-kacangan, maka akan terhindar dari resiko penyakit anemia. Anemia adalah penyakit dimana kadar hemoglobin dalam darah berkurang. Ibu hamil sangat rentan terkena anemi, maka dari itu mengkonsumsi sayuran seperti misalnya jagung dan juga kacang-kacangan seperti kacang hijau sangat baik untuk mencegah terkena resiko anemia.

  1. Mencegah kerusakan otak bayi

Selain mencegah terjadinya cacat syaraf, pada bayi, kandungan asam folat di dalam kacang-kacangan dan juga sayuran sangat baik dan bermanfaat untuk mencegah kerusakan otak bayi. Di dalam terong ungu misalnya, anda bisa menemukan manfaat vitamin B1, B2 dan vitamin C yang tentunya baik bagi perkembangan otak janin, dan pertumbuhan fisiknya.

Demikian beberapa manfaat kacang untuk ibu hamil selain juga sayuran. Tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi baik serta cukup beristirahat, akan membantu anda dan janin anda menjadi sehat dan tentunya lancar hingga fase persalinan.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.