Menu Diet Ibu Menyusui – Beberapa ibu setelah melahirkan menginginkan berat badannya kembali normal, tetapi ibu juga menginginkan ASI-nya tetap terjaga secara kwalitas dan kwantitas. Menu diet ibu menyusui akan membantu untuk ibu menyusuiagar kondisi kesehatan tetap terjaga, kualitas ASI yang baik dan membantu mencapai berat badan ideal. Menu diet seimbang untuk kesehatan merupakan solusi yang terbaik untuk ibu menyusui.

Di bawah ini akan dijelaskan tips Menu Diet Ibu Menyusui

Perhatikan kesehatan Ibu Menyusui
Menjaga kesehatan ibu ketika menyusui adalah yang terpenting karena berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Kesehatan meliputi kesehatan fisik dan kesehatan emosional yang membuat ibu rileks, tenang dan nyaman karena hal ini akan membantu ibu memproduksi ASI lebih lancar. Ibu yang dapat memberikan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi maka bayi akan mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal.

Apabila ibu tidak mendapatkan nutrisi yang sesuai dari diet ibu, maka tubuh ibu akan menggunakan nutrisi cadangan yang di dalam tubuh yang kemungkinan besar akan habis. Padahal ibu menyusui membutuhkan kekuatan dan stamina untuk memenuhi tuntutan fisik untuk merawat bayi baru. Bahkan ibu menyusui seringkali merasa lapar karana tubuh bekerja sepanjang waktu, oleh karena itu, cemilan kecil yang sehat dapat menjadi pilihan ibu

Penuhi Kalori ibu menyusui
Ibu menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori lebih banyak dari wanita yang tidak menyusui. Total kebutuhan kalori ibu menyusui adalah 2.000 sampai 2.500 kalori per hari. Ibu tidak perlu khawatir dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh ibu, jikaibumakan tepat waktu dan menghilangkan cemilan yang tidak sehat. Mengkonsumsi buah-buahan dapat menemani menu cemilanibu.

Mengatur Menu diet terbaik Ibu Menyusui
Ibu jangan menurunkan berat badan dengan diet sampai dua bulan setelah bayi ibu lahir. Diet rendah kalori dalam bulan pertama dapat membuat ibu kehilangan energi dan mengurangi produksi ASI. Apabila ibu mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, Ibu dapat mulai mencoba untuk menurunkan berat badan,tetapi sebelumnya memintalah nasihat dokter ibu. Ibu tetap harus minum minimal 2 liter air sehari agar terhindar dari dehidrasi.

Menurunkan berat badan setelah  kehamilan dengan cara bertahap adalah yang benar. Contohnya, Ibu merencanakan menurunkan berat badan dalam waktu 10-12 bulan. Hal ini membuat ibu tetap menjalani peranan sebagai ibu menyusui yang mendukung gizi terbaik untuk kesehatan anak. Penurunan berat badan secara cepat dengan mengurangi asupan kalori, dapat mempengaruhi produksi ASI ibu. Oleh karena itu, ibu jangan memilih diet ketat untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan, antara lain:

  • Buah-buahan. Diet pada ibu menyusui harus mengkonsumsi buah-buahan atau jus dua kali sehari. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang dapat memasok energi atau jenis buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral.
  • Kacang dan biji-bijian. Terutama pilih yang berwarna gelap seperti kacang merah, sebagai sumber protein nabati, sekaligus kaya zat besi.
  • Beras merah. Beras jenis ini dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh, sekaligus mendukung produksi ASI yang baik dan berkualitas.
  • Produk susu rendah lemak. Misalnya, yoghurt, keju dan susu. Susu mengandung protein, kalsium, vitamin B dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Dengan minum susu minimal 600 cc per hari, kebutuhan kalsium ibu dan bayi ibu akan tercukupi.
  • Daging tanpa lemak. Kandungan zat besi, protein dan vitamin B12 di dalamnya dapat memenuhi energi yang dibutuhkan ibu pada masa menyusui.
  • Ikan salmon. Kaya kandungan lemak DHA yang sangat penting untuk pertumbuhan sistem saraf bayi, sekaligus sumber energi yang baik untuk ibu.
  • Telur. Sebagai salah satu sumber protein yang mudah ditemukan. Anda dapat merebus, menggoreng, mencampurkan dalam salad atau membuat orak-arik telur untuk menu Anda.
  • Roti gandum utuh atau sereal dari biji-bijian utuh. Kandungan asam folat merupakan nutrisi yang penting untuk kebutuhan produksi ASI. Produk ini juga tinggi kandungan serat dan zat besi.
  • Sayuran hijau. Kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi dan kalsium di dalamnya sangat baik untuk bayi dan ibu menyusui. Selain itu, sayuran hijau juga kaya dengan antioksidan dan rendah kalori yang sangat baik untuk jantung.

Berapa Berat Badan yang boleh diturunkan?
Ibu menyusui boleh menurunkan kelebihan berat badannya yang diperoleh selama kehamilan. Penurunan sekitar 0,5-1 kg per minggu tergolong aman terhadap  produksi air susu ibu (ASI).

Kombinasi pola makan sehat dengan olahraga yang moderat, dapat menurunkan berat badan ibu menyusui rata-rata 0,5 kg per minggu. Kedua hal tersebut lebih efektif dibandingkan diet rendah kalori saat dalam masa menyusui. Anda dapat meningkatkan intensitas olahraga terutama 6-8 minggu setelah melahirkan.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.