Ketuban Pecah, penyebab Ketuban Pecah, Ketuban Pecah dini, penyebab, ketuban
Ketuban Pecah

Faktor Penyebab Ketuban Pecah DiniKasus KPD atau penyebab Ketuban Pecah Dini biasanya menjadi penyebab bayi lahir prematur. Namun jika KPD terjadi pada usia kehamilan yang lebih muda kemungkinan bayi diselamatkan lebih kecil. hal tersebut tentu tidak ingin terjadi pada setiap orang. Oleh sebab itu anda mesti tahu apa saja faktor penyebab masalah ini. Secara normal air ketuban akan pecah ketika memasuki pembukaan I atau pada awal pembukaan II. Jika ketuban pecah di usia kehamilan 37 minggu sebelum pembukaan merupakan indikasi penyebab ketuban pecah dini terjadi.

Artikel Menarik kami lainnya:

CARA MENGHINDARI BAYI SUNGSANG PENTING DITERAPKAN BAGI IBU YANG INGIN MELAHIRKAN NORMAL

AMBEIEN PADA WANITA HAMIL, INI YANG JUGA PERLU DIWASPADAI OLEH PARA IBU HAMIL

Penyebabnya bervariasi. Biasanya faktor intern seperti infeksi atau bisa jadi karena ibu hamil mengandung bayi kembar. Jika ketuban sudah pecah maka bayi mesti segera dikeluarkan. Pasalnya air ketuban ini berfungsi melindungi bayi dalam rahim. Jika bayi tidak segera dikeluarkan akan berakibat pada kematian karena infeksi racun. Kenali apa saja penyebab ketuban pecah dini sebagai upaya antisipasi. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk penyebab ketuban pecah dini yang bisa anda ketahui.

Penyebab Ketuban Pecah Dini

  1. Infeksi

Hampir 65% kemungkinan penyebab ketuban pecah dini karena infeksi. Infeksi ini akan membuat ketuban menjadi menipis karena serangan bakteri. Akibatnya ketuban menjadi rentan pecah. Maka dari itu ibu hamil mesti menjaga kebersihan diri dan makanan. Karena infeksi bisa disebabkan karena virus yang masuk melalui makanan atau faktor kebersihan.

  1. Bakteri biang Ketuban Pecah Dini

Bakteri juga menyumbang peranan sebagai penyebab ketuban pecah. Bakteri bisa masuk melalui pori-pori kulit atau makanan yang dikonsumsi. Sama halnya dengan virus, bakteri juga menyebabkan selaput ketuban lemah sehingga mudah pecah. Oleh sebab itu ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan matang karena lebih terjamin anti bakteri dibanding makanan mentah.

  1. Masuk dalam kehamilan kembar

Selaput ketuban hanya untuk satu janin saja. namun jika kehamilan anda kembar bisa menjadi penyebab selaput ketuban mudah pecah sebelum waktunya. Selaput akan terdorong kesana kemari oleh dua janin di kandungan. cairan ketuban pun kemungkinan besar menjadi luruh. Inilah mengapa hamil anak kembar resikonya 2 kali lipat dari hamil biasa.

  1. Pendarahan hebat

Faktor lainnya adalah pendarahan. Pendarahan akan mengambil sebagian cairan dalam tubuh sehingga ketuban pecah dini. Pendarahan juga bisa dikarenakan ibu hamil kekurangan zat besi. Jika tidak segera ditangani dampaknya sangat buruk untuk kehamilan anda dan berpotensi keguguran. Pendarahan ini pula bisa terjadi pasca melahirkan jika ibu hamil memiliki riwayat anemia.

  1. Kecelakaan

Guncangan hebat dalam tubuh juga menyumbang faktor besar penyebab ketuban pecah dini. Selain menyebabkan pendarahan, kecelakaan akan membuat ketuban luruh. Bahkan di beberapa kasus dokter atau pasangan mesti memilih nyawa siapa yang mesti diselamatkan. Oleh sebab itu ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu memforsir aktivitasnya karena berbahaya untuk kandungannya.

Demikianlah berbagai faktor penyebab ketuban pecah. Biasanya dokter akan mengangani berdasarkan faktor penyebabnya. Semoga artikel dari https://www.senyumbunda.com/ bermanfaat menambah informasi seputar kehamilan.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.