Memompa ASI – Memompa atau memerah ASI sering dilakukan oleh ibu-ibu menyusui yang sibuk dan bekerja di luar rumah sehingga kesempatan memberikan ASI eksklusif tetap terjaga. Ibu menyusui sering mengeluhkan ASI perahnya hanya sedikit dengan cara memompa. Padahal memompa ASI yang baik dan benar dapat dilatih sehingga ibu terbiasa memompa ASI. Oleh karena itu, ibu dapat mempertimbangkan saran dan tips sederhana ini.

Tips Memompa ASI

      1. Buatlah pikiran ibu tenang dan rileks
        Cari tempat yang tenang untuk memompa. Sambil memompa, Anda juga dapat membayangkan wajah bayi Anda dan mendengarkan musik favorit untuk membuat suasana semakin rileks Ibu juga dapat menggunakan kompres hangat untuk memperlancar keluarnya cairan ASI. Stres dapat menghambat kemampuan tubuh ibu untuk melepaskan cairan ASI.
      2. Pijatlah payudara ibu sebelum memompa ASI
        Beberapa ibu menyusui mengalami kondisi yang sulit ketika memompa ASI akan tetapi apabila cara pijat terus dilakukan maka ibu akan terbiasa. Kebanyakan ibu menyusui menyerah sebelum ASI perah terkumpul, padahal ibu menyusui dapat memaksimalkan ASI perah yang terkumpul dengan cara memijat payudara sebelum memompa atau ketika sesi memompa terhambat.
      3. Sering memompa
        Semakin sering ibu memompa, maka akan lebih banyak ASI yang  didapatkan. Jika ibu bekerja full time, cobalah untuk memompa ASI selama 15 menit setiap beberapa jam sekali. Untuk mendapatkan ASI perah yang maksimal, pompa kedua payudara secara bersamaan. Cara ini akan menghemat waktu Ibu dan dapat meningkatkan produksi prolaktin, hormon yang berfungsi untuk produksi susu.
      4. Memompa setelah menyusui bayi
        Semakin sering Anda menyusui bayi, maka semakin besar pasokan ASI yang dapat Anda pompa. Cobalah lebih sering memberi ASI pada malam hari, dini hari atau menyusui di akhir pekan. Memompa setelah menyusui dapat membantu meningkatkan pasokan susu.
      5. Gunakan perlengkapan bayi Ibu
        Untuk membuat tubuh ibu rileks dan mudah memompa ASI ibu dapat menggunakan perlengkapan bayi ibu. Misalnya,ambilah baju atau perlengkapan bayi yang mengingatkan ibu memberikan ASI secara langsung. Beberapa ibu terbantu dengan wangi bayi yang khas atau pakaian bayi, bawalah ketika akan memompa ASI.
      6. Gunakan pakaian yang nyaman untuk payudara
        Berpakaianlah ibu yang mendukung untuk mendapatkan kenyamanan ketika memompa ASI. Misalnya, ibu mengenakan atasan longgar yang dapat ditarik dari bawah atau ibu menggunakan blus atau menggunakan kancing pakaian kancing depan sehingga membuat anda lebih nyaman.
      7. Posisi memompa yang membuat anda nyaman
        Sebagian ibu yang memompa payudara di kantor dapat menggunakan tumpuan atau buku tebal untuk meningkatkan atau meninggikan lutut, sehingga ibu dapat mendirikan botol susu di dalam pangkuan ibu. ibu akan memiliki kebebasan untuk mengubah posisi sesuai yang ibu inginkan. Yang terpenting adalah buatlah diri anda rileks.
      8. Menggunakan dua pompa
        Kadar prolaktin dalam darah akan lebih tinggi ketika Anda memompa kedua payudara secara bersamaan.
      9. Hindari atau batasi susu formula
        Pemberian susu formula akan mengurangi keinginan bayi untuk minum ASI sehingga dapat menurunkan produksi ASI ibu. Ingat, semakin sering ibu menyusui bayi atau memompa maka akan lebih banyak susu yang akan di hasilkan.
      10. Minum banyak cairan
        Air, jus dan susu dapat membantu Anda tetap terhidrasi, yang mendukung produksi susu. Batasi minuman bersoda, kopi dan minuman berkafein lainnya. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan iritasi atau mengganggu tidur bayi.
      11. Jangan merokok
        Merokok tidak hanya mengurangi pasokan ASI, tetapi paparan nikotin yang mengkontaminasi ASI dapat mengubah rasa susu dan mengganggu tidur bayi. Ibu yang merokok dapat memperburuk kesehatan Ibu dan bayi secara keseluruhan.
      12. Jaga kesehatan
        Kalau ibu dalam kondisi sehat, maka bayi pun akan sehat. Jaga selalu kondisi kesehatan ibu dengan mengasup banyak nutrisi berkualitas seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Pertimbangkan pula menggunakan alat kontrol kehamilan, misalnya pil KB yang mengandung estrogen dapat mengganggu produksi ASI.

Selain itu, perhatikan pula beberapa hal yang dapat ibu lakukan sebelum memompa ASI perah, misalnya mencuci tangan menggunakan sabun, mengompres payudara dengan handuk lembut yang hangat, menyiapkan wadah untuk ASI perah, memijat sehingga membuat anda rileks. Itulah panduan yang dapat mendukung anda memberikan ASI ekslusif meskipun anda sibuk dengan rutinitas kantor.

Menyusui adalah sebuah komitmen. Upaya ibu menjaga pasokan ASI tetap terjaga adalah suatu tindakan yang mulia. Jika ibu mengalami kesulitan mempertahankan pasokan ASI atau khawatir tidak memiliki produksi ASI yang cukup, tanyakan pada dokter atau konsultan laktasi untuk mendapatkan saran lebih baik.

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.