1. Hamil di usia kurang 20 tahun

Usia Ibu saat hamil – Pada usia kurang dari 20 tahun, rahim dan panggul seorang perempuan seringkali belum tumbuh mencapai ukuran dewasa. Akibatnya ibu akan mengalami persalinan lama atau gangguan lain seperti naiknya tekanan darah dan pertumbuhan janin terhambat. Usia Ibu saat hamil. Angka kematian ibu dan janin lebih tinggi dibandingkan wanita yang hamil di usia 20 – an.

  1. Hamil di usia 20 – an

Pada usia 20 an, kondisi fisik dan mental calon ibu sudah siap dan prima. Rahim sudah mampu memberi perlindungan atau kondisi yang maksimal untuk kehamilan. Usia Ibu saat hamil

  1. Hamil di usia 30 – 35 tahun

Pada rentang usia ini, ibu masih boleh hamil dengan kondisi tubuh dan kesehatan yang prima dan asupan nutrisi yang terjaga.

  1. Hamil di usia lebih dari 35 tahun

Kondisi tubuh dan kesehatan ibu sudah mulai menurun. Kehamilan pada usia di atas 35 tahun tergolong kehamilan beresiko tinggi karena meningkatkan resiko pendarahan, kematian ibu dna janin dan melahirkan bayi dengan cacat. Usia Ibu saat hamil, Jika hamil, khususnya hamil pertama, lakukan:

  • Kontrol kesehatan (seperti tekanan darah, diabetes dan anemia)
  • Jaga pertambahan berta badan (menjaga kenaikan berat badan 0,5 Kg per minggu atau 6 – 16 Kg di akhir semester. Bila perlu,berkonsultasi dengan ahli gizi). Usia Ibu saat hamil
  • Penuhi kebutuhan asam folat (meminimalkan resiko gangguan pembentukan saraf pusat bayi)

Tinggalkan Komentar

Mohon berikan komentar
Mohon ketikkan nama anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.